Selasa, 30 Juni 2015

Jurnal Penelitian Proyek 1

File Jurnal dalam bentuk word dapat didownload disini
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
APLIKASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB

Studi Kasus di Jurusan D3 Teknik Informatika
Politeknik Kediri

Bayu Rizki Perdananto
Jurusan Teknik Informatika Poltek Kediri

ABSTRAK


Pegawai perpustakaan politeknik kediri biasanya menggunaka cara input ke excel untuk merekap pekerjaan mereka dan menuliskan laporan kepada atasanya dalam bentuk cetak. Melihat kasus tersebut memunculkan ide bagaimana  membuat aplikasi yang memudahkan pegawai perpustakaan agar dapat memberikan laporannya secara langsung kepada atasannya dan atasan dapat mengakses laporan perpustakaan kapan saja dan dimana saja.
Aplikasi yang digunakan ini berbasis web php yang menggunakan sqlyog sebagai pengolah database jadi dapat diakses dengan mudah oleh pegawai dan pimpinan, karena cukup menggunakan laptop, computer, atau hp yang terhubung dengan internet atau intranet.
Aplikasi ini dapat mengolah data member, data buku dan peminjaman yang mana dapat dilaporkan langsung kepada atasan tanpa melakukan proses cetak, karena atasan cukup login sebagai atasan untuk melihat isi laporan.

Kata kunci : perpustakaan, aplikasi, system informasi, php



1.      Pendahuluan

Setiap pencatatan pada akhirnya akan diserahkan kepada pimpinan  yang berupa cetakan atau tulisan, yang mana isi dari laporan tersebut isinya adalah jumlah pinjaman bulanan dan jumlah buku yang belum kembali.
Dalam kasus ini diperlukan aplikasi yang dapat memberikan laporan otomatis kepada atasan agar atasan dapat melihat laporannya setiap saat dan setiap waktu serta dimana saja.
Jadi bagaimana cara membuat aplikasi yang mampu menampung dan menyimpan data member, buku dan peminjaman yang mana data data tersebut nantinya dapat diolah menjadi suatu laporan otomatis yang dapat dilihat oleh atasan.
Sedangkan atasan dapat melihat dan mencetak laporan bulanan dari aplikasi perpustakaan sesuai dengan data yang dikelola oleh pegawai.
a.     Membuat aplikasi untuk pengolahan data member, buku, rak, kategori dan peminjaman
b.     Membuat aplikasi untuk menampilkan laporan yang otomatis.

Manfaat dari pembuatan aplikasi ini antara lain :
Ø  Memudahkan pegawai untuk menyimpan data buku, member, peminjaman, kategori ke dalam sebuah aplikasi karena penggunaan aplikasi lebih aman daripada disimpan pada kertas.
Ø  Memudahkan pegawai dalam penyerahan laporan terhadap atasan karena laporan bulanannya sudah tertulis otomatis pada atasan.


2.      Teori

Awalnya perpustakaan diartikan sebagai sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca bukan untuk dijual ( Sulistyo, Basuki, 1991 ).
Menurut Drajat, setidaknya terdapat lima fungsi dari perpustakaan. Pertama, merupakan sumber segala informasi. Kedua, merupakan fasilitas pendidikan nonformal, khususnya bagi anggota masyarakat yang tidak sempat mendapatkan kesempatan pendidikan formal. Ketiga, sarana atau tempat pengembangan seni budaya bangsa, melalui buku atau majalah. Keempat, karena keragaman bahan bacaan yang disimpannya, perpustakaan sekaligus memberikan hiburan bagi pembacanya. Dan kelima, merupakan penunjang yang penting artinya bagi suatu riset ilmiah, sebagai bahan acuan atau referensi(Drajat, 2009).
Secara umum proses peminjaman dalam perpustakaan dilakukan dengan cara mendatangi perpustakaan, mencatat data pinjaman dan buku dapat dipinjam didalam sebuah excel. Lalu untuk laporan biasanya pegawai menuliskan atau mencetak laporan kepada atasan setiap bulannnya.

3.      Metode Penelitian

Dalam hal ini untuk memberoleh data-data yang valid dalam penelitian, dibutuhkan beberapa metode penelitian, adapun metode penelitian ynag dimaksud antara lain :
Pengumpulan data-data tentang teori dan buku-buku perkuliahan, artikel yang berhubungan dengan Laporan Proyek I yang telah ada sebelumnya di Politeknik Kediri, agar proses pengerjaan dan penyusunan laporan bisa dilaksanakan dengan lebih cepat dan benar.
Penelitian lapangan yang dilakukan adalah dengan meninjau serta mengamati secara langsung di Perpustakaan Politeknik Kediri:
 Observasi.
Cara penelitian dengan melakukan pengamatan secara langsung dengan pihak-pihak yang ada hubungannya dengan aplikasi yang akan dibuat.
 Interview.
Cara penelitian yang mana dilakukan dengan cara mellakukan proses Tanya jawab secara langsung dengan pihak yang berhubungan dengan pembuatan aplikasi sehingga antara yang diinginkan dengan yang akan dibuat memiliki sebuah relevansi.

4.      Analisa dan Perancangan

Sistem perpustakaan adalah sistem yang berfungsi menyimpan data data member, buku, pinjaman dan dalam pengelolaan laporan.
Adapun user untuk aplikasi ini adalah :
Ø    Pegawai
Ø    Pimpinan
  1. Pegawai
-          Login
Pegawai akan melewati proses login sebagai bentuk verifikasi terhadap pegawai
-          Insert
Pegawai dapat menambah data buku, member, kategori, rak dan peminjaman
-          Delete
Pegawai dapat menghapus data buku, member, kategori, rak dan peminjaman
-          Update
Pegawai dapat mengedit data buku, member, kategori, rak dan peminjaman. Selain itu pegawai juga dapat memberi status apakah buku masih dipinjam atau tidak dan memberikan fitur denda
  1. Pimpinan
-          Login
Pimpinan akan melewati proses login sebagai bentuk verifikasi terhadap pegawai
-          View
Pimpinan dapat melihat hasil laporan bulanan dan laporan jumlah buku yang belum dikembalikan

Dalam aplikasi ini pegawai harus melakukan proses login terlebih dahulu, setelah itu pegawai melakukan proses  insert data member lalu menginsertkan data rak dan kategori buku baru selanjutnya penginsertan buku baru dapat dilakukan. Setelah proses tadi dilakukan baru dapat melakukan insert peminjaman yang mana pegawai dapat melakukan perpanjanagan masa peminjaman buku, pemberian denda, dan penggantian status buku telah dikembalikan.
Untuk pimpinan harus melakukan login terlebih dahulu baru pimpinan dapat melihat isi laporan.
Berdasarkan hasil wawancara terhadap user dihasilkan beberapa permintaan dari user pegawai antara lain :
a.      Pembagian status member antara mahasiswa dan pegawai
b.      Penambahan sistem denda sesuai keterlambatan pengembalian
c.       Pencetakan Laporan Bulanan
Rancangan apikasi sangat diperlukan dalam pembuatan aplikasi karena akan mempengaruhi bentuk dari aplikasi yang akan dibuat. Disini dalam rancangan aplikasi perpustakaan dapat dillihat pada gambar dibawah ini.

Gambar 4.1 Arsitektur Aplikasi Perpustakaan

Dalam gambar 4.1 diatas dijelaskan bahwa pegawai menggunakan aplikasi dalam komputer dan mengolah datanya sehingga oleh komputer akan disimpan di database lalu oleh pimpinan yang menggunakan aplikasi dalam komputer dapat meminta laporan yang tersimnpan pada database.
Disini dijelaskan secara garis besar tentang proses yang dilakukan oleh pegawai dan pemimpinan.

Gambar 4.2 DFD level 0 Aplikasi Perpustakaan

Diatas digambarkan (Gambar 4.2) bahwa pegawai harus melakukan proses login terlebih dahulu untuk mengolah dan melihat data member, buku dan pinjaman. Untuk pimpinan digambarkan melakukan proses login terlebih dahulu untuk melakukan proses request pembaruan laporan dan melihat laporan.
a.                  DFD level 1
Disini dijelaskan lebih mendetail dari DFD level 0, kita dapat melihat proses berjalannya data dari awal input sampai diterima kembali oleh user.
Pada gambar digambarkan (Gambar 3.3) bahwa proses login pegawai dan pimpinan harus masuk ke proses pencocokan pada database masing masing, jika sama maka aplikasi akan memberikan timbal balik berupa id valid. Untuk pegawai proses input data member, buku, rak, kategori dan pinjaman melalui proses insert lalu dilanjutkan masuk ke database masing masing lalu diteruskan ke bagian pencetakan hasil input tersebut yang dikembalikan kepada pegawai. Sedangkan untuk pimpinan hanya memiiki satu inputan yaitu request laporan dimana request tersebut akan mengambil data dari database bulanan yang akan dikembalikan kepada pimpinan.


Gambar 4.3 DFD level 1 Aplikasi Perpustakaan
Pada bagian ini akan dijelaskan hubungan antar tabel yang terdapat pada database.

Gambar 4.4 ERD Aplikasi Perpustakaan
Dapat dilihat pada gambar 4.4 diatas bahwa buku memiliki entitas dari tabel lain yaitu rak dan kategori, lalu terdapat proses antara tabel buku dan member yang dihubungkan oleh tabel pinjam. Sementara itu untuk laporan yang digunakan adalah tabel bulanan, tidak, nama_tidak yang mana tabel tabel tersebut mengambil data sesuai tabel pinjam.



5.      Implementasi dan Pembahasan

Aplikasi ini adalah aplikasi berbasis GUI yang berjalan pada web dimana untuk pengolahannya menggunakan php. Untuk penjalanannya sendiri menggunakan beberapa progam.
Dalam proses pengaplikasiannya aplikasi ini menggunakan XAMPP sebagai web server, menggunakan web browser untuk membuka aplikasinya dan menggunakan SQL atau SQLyog untuk pengolahan databasenya diamana aplikasi-aplikasi tersebut harus terinstal pada komputer. Maka langkah selanjutnya adalah mewujudkan rancangan aplikasi yang telah dibuat, berikut ditunjukan bagian modul terpenting dari aplikasi yang akan diimplementasikan.

5.1  Menu Login

Halaman ini adalah halaman yang pertama kali muncul pada aplikasi perpustakaan ini.
Pada gambar 5.1 diatas menunjukan bahwa terdapat dua pilihan login yaitu login pegawai dan login pimpinan. Pengimplementasian Halaman ini hanya menggunakan HTML belum menggunakan PHP.


5.2  From Login Pegawai dan Pimpinan

Halaman ini muncul seteleh user memilih login sebagai pegawai atau pimpinan pada menu sebelumnya, disini tidak terdapat menu apapun selain memasukan username dan password oleh pengguna. Pada gambar 5.2 menunjukan tampilan login untuk pegawai dan untuk gambar 5.3 menunjukan tampilan login pimpinan.


Gambar 5. 3 Form Login Pimpinan

5.3  Beranda pegawai dan pimpinan


Gambar 5. 4 Tampilan Beranda Pegawai


Gambar 5. 5 Tampilan Beranda Pimpinan
Gambar 5.4 adalah gambar tentang bagian keseluruhan dari menu beranda pegawai. Sedangkan pada gambar 5.5 merupakan tampilan dari beranda pimpinan. Setelah proses login berhasil, user akan dibawa ke menu masing-masing. Untuk menyambutnya akan diletakan pada menu beranda,hanya terdapat tampilan dan menu keluar atau logout disebelah atas. Ditampilkan waktu karena biasanya pegwai perlu mengetahui waktu hari ini untuk mengingat pinjaman atau jadwal yang lain.

Gambar 5. 6 Tombol Keluar Pada Beranda
Selain itu dihalaman beranda terdapat juga tombol logout seperti gambar 5.6.

5.4  Menu Member pada Pegawai


Gambar 4. 7 Tampilan Menu Member Keseluruhan
Pada gambar 5.7 merupakan gambar dari keseluruhan menu member pada pegawai. Pada menu ini pegawai akan dapat melakukan pengolahan data terhadap member. Pegawai dapat melakukan inpu member baru, update data member yang sudah ada dan menghapus member.


Gambar 5. 8 Menu Edit Pada Tabel Member

Selanjutnya didalam setiap kolom terdapat pula menu edit yang isinya ada delete dan update. Fungsi menu update adalah untuk membenahi data yang terlanjur dimasukan, jika diklik akan muncul seperti digambar 5.8.

5.5  Menu Kategori pada pegawai


Gambar 5. 9 Tampilan Menu Kategori Keseluruhan
Gambar 5.9 adalah gambar untuk tampilan keseluruhan menu kategori. Pada menu ini pegawai dapat mengolah data kategori yang fungsinya secara umum sama dengan menu member yaitu bisa menambah kategori baru, mengedit dan manghapus.

5.6  Menu Rak pada pegawai


Gambar 5. 11 Tampilan Menu Rak Keseluruhan
Gambar 5.11 adalah gambar tampilan keseluruhan pada menu rak. Pada menu ini pegawai dapat mengolah data rak yang fungsinya secara umum sama dengan menu member dan kategori bisa insert update dan hapus.

5.7  Menu buku pada pegawai

Secara teknis menu disini tidak beda jauh dengan menu tiga menu sebelumnya terdapat insert update dan hapus, namun disini untuk proses insertnya terdapat perbedaan yakni pengambilan id dari tabel rak dan kategori.

Gambar 5. 12 Tampilan Menu Buku Keseluruhan
Gambar 5.12 adalah tampilan keseluruhan pada menu buku yang ada pada pegawai.

5.8  Menu Peminjaman pada pegawai

Menu ini untuk hapus dan insert sama dengan menu sebelumnya. Menu ini adalah menu terpenting dalam aplikasi ini, tabel yang ada di menu ini nantinya akan diolah untuk laporan kepada pimpinan. Untuk insertnya tekniknya sama dengan insert pada buku, namun disini targetnya adalah member dan buku.
                                   

Gambar 5. 13 Tampilan Menu Pinjam Keseluruhan
Pada gambar 5.13 adalah tampilan keseluruhan dari menu pinjam yang terdapat pada menu pegawai.

5.9  Menu Laporan pada pimpinan


Gambar 4. 16 Tampilan Menu Laporan Keseluruhan
Gambar 5.16 adalah gambar tampilan menyeluruh dari menu laporan pada pimpinan. Menu ini hanya menampilkan laporan saja untuk merefresh data terbaru maka pimpinan.


Gambar 5. 17 Tombol Untuk Memperbarui Laporan
Gambar 5.17 adalah gambar tombol refresh cukup memilih tombol laporan ini maka laporan akan otomatis diperbarui.


6.      Kesimpulan

Dari implementasi yang sudah dilakukan yang mengacu pada batasan-batasan masalah yang ada, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi data riwayat karyawan sebagai berikut :
1.   Aplikasi dapat mengelola data-data untuk peminjaman, antara lain data member, buku dan peminjaman oleh pegawai.
2.   Aplikasi dapat membuat laporan jumlah bulanan secara otomatis untuk pimpinan tanpa pegawai memebuatnya.


7.      Daftar Pustaka


[1]Jogiyanto. 2005."Business--Data processing",Andi : Yogyakarta  
[2]Pratama, Antonius Nugraha Widhi. 2010. "Cara Mudah Membangun Aplikasi PHP",Media Kita : Jakarta 
[3]Wicaksono, Yogi. 2008." Membangun Bisnis Online dengan Mambo", PT. Elex Media Komputindo : Jakarta 
[4]Drajat, 2009. Peranan Fungsi Perpustakaan, http://www.bit.lipi.go.id/ 
[5]Kadir, Abdul .2003. “Konsep Dan Tuntunan Praktis Basis Data”,  Andi:Yogyakarta 
[6]Kristanto, Harianto .2000. “Konsep Dan Perancangan Database”,  Andi: Jakarta













Tidak ada komentar:

Posting Komentar